Warga Desa Sontang Berharap Perbaikan Turap Disekeliling Surau Suluk  Syekh Muhammadiyah Berlanjut

Warga Desa Sontang Berharap Perbaikan Turap Disekeliling Surau Suluk  Syekh Muhammadiyah Berlanjut

Rokan Hulu, RPC

Warga Desa Sontang  Rohul mengharapkan proyek turap sebagai penahan abrasi Sungai Rokan berlanjut karena dikhawatirkan pada musim hujan dapat menerjang Surau Suluk Syekh Muhammadiyah yang bertepatan dipinggir  sungai rokan Desa Sontang yang sudah  terkikis oleh air hingga jalan menuju surau pun rawan akan amblas terbawa arus.

Harapan untuk dilanjutkannya pengerjaan perbaikan disampaikan warga bernama Zulfahrianto (Jum'at, 10/02/2023) dimana turap itu pernah di kerjakan sekitar 10 tahun yang lalu.

Lanjut Zulfahrianto,. Ni Ika proyek turap  
tidak diarahkan ke areal  surau Suluk Syekh Muhammadiyah, maka warga sekitar khawatir abrasi mengancam terhadap tempat suluk, terutama jalan menuju surau suluk yang panjangnya 100 meter akan longsor dibawa arus air sungai Rokan dan bahkan rumah penduduk yang berada dekat sungai rokan Desa Sontang ikut menjadi petaka.

Dinas PUPR Provinsi Riau dan Pemkab Rokan Hulu hendaknya memprioritaskan kondisi Surau Suluk Syeh Muhammadiyah yang semakin hari semakin memperihatinkan.

"Bukan hanya surau, jalan jalan di depan surau Suluk pun bisa terputus kalau musim hujan karena arus air sungai Rokan yang deras mengikis tanah di pinggir sungai", ujarnya.

Warga lain bersama Kepala Desa Sontang Zulfahrianto sudah pernah meminta kepada aparat terkait bahkan  dari balai  provinsi sudah meninjau ke lokasi, namun sampai sekarang belum ada realisasi sehingga ancaman abrasi menghantui warga bila musim hujan tiba.

Bahkan  warga  juga sudah menghubungi Kepala Desa Sontang  supaya pemerintah setempat turun tangan untuk  perbaikan turap di sekeliling surau itu.

Di tempat terpisah, kKepala Desa menyampaikan, saat ini belum ada  proyek  perbaikan turap di sekeliling surau. Bahkan jalan didepan surau tidak lama lagi akan longsor karen terkikis air. (***EP)